Pemkab Buka Seleksi CPNS

Surel Cetak PDF
Kebutuhan 593 Orang

Pemkab Pekalongan membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2008. Kebuthhan CPNS tahun ini sebanyak 593 orang.

Kabid Perencanaan dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Totok Budi Mulyanto, kemarin, memerinci, lowongan terbagi atas 212 formasi untuk pelamar umum, 343 formasi untuk tenaga honorer, dan 38 formasi untuk sekretaris desa (sekdes).

Dia menyebutkan, untuk pelamar umum, formasi yang tersedia yakni guru sebanyak 152 orang, tenaga kesehatan 45 orang, dan tenaga teknis sebanyak 15 orang. Sedangkan formasi bagi tenaga honorer hanya tenaga administrasi dan teknis strategis.

"Karena tenaga honorer guru fan tenaga kesehatan sudah selesai," ujar Totok. Dijelaskan, pengangkatan sekdes langsung menjadi PNS, tidak melalui proses CPNS lagi.

Formasi tersebut sesuai dengan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) Nomor 8/327.P/M.PAN/8/2008 tentang Persetujuan Prinsip Tambahan Formasi CPNS Daerah untuk Pelamar Umum, Tenaga Honorer dan Sekdes Tahun 2008.

Pendaftaran Oktober

Seleksi CPNS bagi tenaga honorer, kata dia, sudah diumumkan dan pemberkasan akan dijadwalkan 8 - 11 September. Sedangkan untuk pelamar umum, masih dalam proses konsultasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait untuk melihat tenaga bidang apa saja yang dibutuhkan.

"Direncanakan seleksi dibuka bersamaa se-Jawa Tengah, Oktober," ungkap dia. Totok berjanji akan mengumumkan pendaftaran CPNS di semua SKPD hingga tingkat kecamatan.

Mengenai pengangkatan sekdes menjadi PNS, dia mengatakan, hal itu didasarkan pada PP 45 Tahun 2007. Jumlah sekdes di Kabupaten Pekalongan yang mem,enuhi syarat untuk diangkat sebagai PNS sebanyak 180 orang. Seluruhnya, jumlah desa di Kabupaten Pekalongan 270. Namun, beberapa lainnya tidak memenuhi syarat diangkat sebagai PNS, antara lain karena usia lebih dari 51 tahun pada saat pendaftaran 15 Oktober 2006 lalu. "Pengangkatan sekdes menjadi PNS akan diselesaikan hingga 2009," ucap dia.

Sebelumnya, Pemkab Pekalongan mengusulkan formasi CPNS 2008 untuk 2.000 orang, yang terdiri dari 1.029 tenaga guru dan 500 tenaga kesehatan dari pelamar umum, 183 tenaga strategis dari pelamar umum dan 100 dari tenga honorer, 48 tenaga administrasi dari pelamar umum dan 150 dari tenaga honorer, serta 90 sekdes.

"Memang kebutuhan CPNS Kabupaten Pekalongan masih banyak. Makanya kami usulkan banyak juga. Namun, yang disetujui untuk tahun ini hanya 592 orang," jelas dia. (Sumber Suara Merdeka 3/8)
Jaringan Data Spasial Daerah Kabupaten Pekalongan Bappeda PM Kabupaten Pekalongan Kajen

Pengunjung Online

Kami punya 61 tamu online
LPSE Kabupaten Pekalongan
RUP SKPD
Video Batik Kota Santri
Free Wifi Hotspot Pemkab Pekalongan
Perpustakaan Kab. Pekalongan
DPRD Kab.Pekalongan
Dinhubkominfo
Dinkes Kab.Pekalongan
Blog Daerah Kabupaten Pekalongan
RSUD Kraton
RSUD Kajen
Bank Kredit Kecamatan Kajen
Humas setda
Pantauan CCTV Perempatan Wiradesa
You are here: Home