Cultural Tekno Forestry Park

Kawasan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan telah ditetapkan sebagai Cultural Tekno Forestry Park. Di kawasan ini hidup dua hewan yang terancam punah, Owa Jawa dan Elang Jawa. Selain dua hewan tersebut, pengunjung juga disuguhkan pemandangan alam yang masih asri.

Hutan Pendidikan Sokokembang
Hutan Sokokembang merupakan hutan tropis dataran rendah tersisa di Pulau Jawa. Kawasan seluas 5.000 Ha ini memiliki keragaman flora dan fauna yang sangat tinggi. Kurang lebih 250 spesies telah terindentifikasi berhabitat di hutan ini. Termasuk sejumlah satwa langka, seperti macan, elang jawa, owa jawa, dan burung rangkong. Sistem ekologi yang ada didalamnya cenderung masih berjalan seimbang. Hal inilah yang membuat banyak peneliti baik dari dalam maupun luar negeri tertarik datang ke tempat ini.

Kopi Petungkriyono
Menurut sejarah, kopi yang ditanam di Petungkriyono merupakan peninggalan Belanda sekitar tahun 1885. Terdapat 4 varietas kopi, yaitu Arabika, Robusta, Liberica, Exelsa. Masyarakat mulai mengolah kopi dengan benar dan menjadi komoditas kopi specialty yang mampu menembus pasar nasional. Selain dipasarkan ke luar kota, kopi Petungkriyono juga diolah di objek wisata sebagai oleh-oleh khas Petungkriyono.

Gunung Rogojembangan
Gunung Rogojembangan merupakan puncak tertinggi Pekalongan dengan ketinggian 2177 mdpl. Basecamp pendakian berada di Desa Gumelem. Untuk mencapai puncak, pendaki harus melewati 3 pos dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam perjalanan. Di puncak terdapat sumur yang dipercaya sebagai tempat pemandian ( rogo = badan, jembangan = pemandian ).

Puncak Tugu
Puncak Tugu merupakan puncak dari Gunung Kendeng, dengan ketinggian 1930 mdpl. Basecamp pendakian berada di Dusun Sikucing, Desa Yosorejo. Untuk mencapai puncak diperlukan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. 

Gunung Kendalisodo
Gunung Kendalisodo memiliki ketinggian 1695 mdpl, dengan puncak yang dikenal dengan sebuatan Puncak Hanoman. Basecamp pendakian berada di Dusun Glidigan, Desa Tlogohendro. Terdapat batu yang disusun membentuk meja kursi di Puncak Hanoman. Waktu tempuh untuk mencapai puncak sekitar 1 jam perjalanan. 

Curug Sibedug
Terletak di Dusun Sokokembang, Desa Kayupuring. Berada persis dipinggir jalan raya. Air terjun yang memiliki ketinggian 20 meter ini dikelilingi hutan yang masih asri. Tempat ini sering digunakan sebagai rest area bagi wisatawan Perungkriyono.

Curug Muncar
Terletak di Desa Curug Muncar yang memiliki air terjun sebanyak 7 buah dalam 1 area. Di Curug Muncar juga terdapat sumber air panas. Objek Wisata ini sudah dilengkapi dengan taman bermain dan flying fox.

Curug Bajing
Terletak di Dusun Kembangan, Desa Tlogopakis. Air terjun ini memiliki akses jalan yang mudah dan dekat dari tempat parkir. Air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter dengan debit air yang besar dan tak pernah surut walaupun musim kemarau. Disini juga terdapat prosotan alam dari batu.

Curug Lawe
Terletak di Dusun Cokrowati, Desa Kasimpar dengan ketinggian air terjun sekitar 100 meter. Untuk mencapai curug ini pengunjung diharuskan untuk berjalan menyusuri hutan lindung selama kurang lebih 1 jam. Bagi pecinta fotografi terdapat spot selfie yang sangat menarik, seperti pohon selfie dan jembatan selfie.

Wisata Air WeloRiver
Wisata air WeloRiver terletak di Desa Kayupuring. Wisata air WeloRiver merupakan surga bagi wisatawan yang menyukai tantangan atau gemar olahraga air, seperti : river tubing, river tracking, body rafting, ciblon atau sebutan atraksi terjun bebas dari atas tebing dengan ketinggian yang bervariasi di kolam air terjun yang jernih. Terdapat beberapa spot air sungai yang wajib menjadi destinasi utama seperti Kedung Gede dan Kedung Sipingit atau yang lebih dikenal sebagai Black Canyon Kabupaten Pekalongan.

Bagi wisatawan yang menyukai tantangan dan penggemar olahraga air, wahana river tubing dan river tracking patut dicoba. Mengarungi sungai dan jeram-jeram menantang akan memacu adrenalin. Dengan jalur sepanjang 2-3 km pengungjung akan diajak bermain air selama 3-4 jam menikmati jernihnya air Sungai Welo.

FASILITAS PENUNJANG WISATA
Sarana penunjang informasi bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Petungkriyono. Ditempat ini wisatawan dapat mengetahui informasi mengenai objek wisata maupun paket-paket wisata yang ada di Petungkriyono. Tempat ini juga melayani paket wisata. Sarana penunjang informasi ini terletak di Komplek Terminal Doro dan Komplek Kantor Kecamatan Perungkriyono.

ANGKUTAN WISATA
Angkutan wisata yang ada di Petungkriyono yaitu mobil L300 (disebut doplak). Angkutan bak terbuka yang bisa dinaiki 15-20 penumpang. Kelebihan memakai kendaraan ini yaitu sudah teruji melewati medan pegunungan Petungkriyono. Selain itu, para penumpang juga bisa menikmati langsung alam Petungkriyono.

HOMESTAY
Bagi wisatawan yan ingin bermalam di Petungkriyono dapat menginap di Homestay yang ada di Dusun Cokrowati dan Dusun Kasimud Desa Kasimpar, Dusun Mudal Desa Yosorejo, dan di Objek Wisata Curug Muncar.

Info Tambahan

  • Kecamatan: Petungkriono
  • Kabupaten: Kabupaten Pekalongan
  • Jam: No Data Entry
  • Alamat: Petungkriono
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…