MASIH DIPERLUKAN, PENYAMPAIAN INFORMASI PEMBANGUNAN MELALUI KESENIAN TRADISIONAL

 

Hal ini terungkap dalam Sarasehan Forum Komunikasi Media Tradisional (FK Metra) Kabupaten Pekalongan Tahun 2017 yang diselenggarakan Dinas Komunikasi Dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Pekalongan di Gedung Pemuda, Jl. Teuku Umar No. 2 Kajen, Selasa (14/11). Sarasehan kali ini bertemakan “Peran Media Tradisional di Era Digital”.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinkominfo Kabupaten Pekalongan, Anis Rosidi, S.Sos, M.Si. Sarasehan diikuti oleh pengurus FK Metra Kabupaten Pekalongan dan seniman-seniwati Kabupaten Pekalongan.

Sarasehan menghadirkan narasumber Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Pekalongan, Indro Suryanto, Ketua FK Metra Kabupaten Pekalongan yang diwakili oleh Joko Heru, serta Ketua FK Metra Provinsi Jawa Tengah, Daniel Hakiki.

Dalam paparannya yang berjudul “Kesenian Tradisional sebagai Media Diseminasi Informasi”, Daniel menjelaskan, penyampaian informasi melalui kesenian tradisional memiliki sejumlah kelebihan, antara lain, pesan dapat tersampaikan dengan baik, mempererat persahabatan dan kerja sama. “Kesenian Tradisional juga bisa menjadi alat pendidik (kejujuran, kebaikan, sabar, dll), sebagai alat pengendalian sosial , dengan mengingatkan tentang norma-norma yang harus dipatuhi di masyarakat, mendorong manusia untuk menjaga keharmonisan hidup, memberikan rasa keterikatan, memupuk rasa persaudaraan, dan tersampaikannya nilai-nilai budaya secara langsung,” tutur Daniel. 

Namun demikian, kesenian tradisional juga memiliki kekurangan, komunikasi tradisional terletak pada ketidakmampuannya menjangkau ruang dan waktu serta audiens yang luas. “Dan karena keterbatasan itulah komunikasi ini sering dianggap tidak efektif,” imbuh Daniel. 

Usai penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan dialog dan pemilihan Ketua dan Pengurus FK Metra Masa Bhakti 2018 – 2023. Hasil pemilihan, Ketua terpilih yakni Eko Budi Susilo dan Wakil Ketua Bagus Pramudyo, Sekretaris 1 Joko Heru, Sekretaris 2 Cipto Sumarno, Bendahara Ahmad Erfandi. Kepengurusan juga dilengkapi seksi-seksi, yakni Seksi Organsisasi dan Usaha, Humas, Pertunjukan Rakyat, Seksi Media, dan Seksi Promosi.*)(Lilik, Aan)


Publisher : arif

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…