LAUNCHING APLIKASI SIMAUREMBUG (Sistem Informasi Masyarakat Urun Rembug) Dalam Pelaksanaan Pemonitoran Dan Pengevaluasian Pembangunan Daerah Di Kabupaten Pekalongan

 

KAJEN – Untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, yaitu yang transparan, efektif, efisien, dan akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan, pemerintah kabupaten Pekalongan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian dan Pengembangan meluncurkan Aplikasi Simaurembug (Sistem Informasi Masyarakat Urun Rembug) yang merupakan salah satu output dari pelaksanaan proyek perubahan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah oleh Endang SR Juwaningsih, S.Psi.,M.Si. Kasubbid Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Kinerja Pembangunan Bappeda Litbang.
Sambutan dan Launching aplikasi Simaurembug dibuka oleh Fery Irawan, ST.,MT, Kepala Bidang Program dan Monev Pembangunan Bappeda Litbang pada tanggal 22 Agustus 2019 bertempat di Aula lantai 2 Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan, dihadiri oleh Perangkat daerah, Perwakilan BPD dari beberapa desa, karang taruna, forum anak, dewan kesenian daerah, dewan pendidikan, LSM, KADIN, Gapensi, dan LPPM Politeknik Muhamadiyah Kajen. Pada acara peluncuran aplikasi tersebut juga ada pengisian materi Tata Kelola Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika dan materi Teknik Pengisian Aplikasi Simaurembug dari Bappeda Litbang Kabupaten Pekalongan. Pada acara launching banyak peserta yang menyambut dengan interes / antusias dengan mengajukan banyak pertanyaan.
Selama ini partisipasi publik dalam pembangunan di Kabupaten Pekalongan masih terbatas pada ranah perencanaan, sedangkan dalam ranah implementasi program pembangunan partisipasi masyarakat masih sangat minim. Ketiadaan ruang publik untuk berkomunikasi dua arah menyebabkan belum ada feed back dari masyarakat, sehingga pengawasan terhadap implementasi kebijakan maupun konfirmasi atas klaim kinerja pemerintah oleh masyarakat belum optimal.
Pada acara tersebut Kabid Program dan Monev Bappeda Litbang menyampaikan bahwa saat ini ada tiga isu dasar yang sangat strategis terkait paradigma baru penyelenggaraan pemerintahan, yaitu tata kelola pemerintahan yang berbasis keterbukaan informasi publik, tata kelola pemerintahan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dan Tata kelola pemerintahan berbasis single and open data system. Proyek perubahan yang merupakan inovasi dari Endang SR Juwaningsih sangat mendukung tiga capaian paradigma baru terkait penyelenggaraan pemerintahan. Harapan ke depan sistem aplikasi Simaurembug ini dapat diimplementasikan dan membantu mengoptimalkan monitoring dan evaluasi pembangunan untuk digunakan sebagai bahan perencanaan .
Endang mengatakan bahwa dasar pemikiran membuka akses publik atas proses pelaksanaan kegiatan Pembangunan di Kabupaten Pekalongan adalah bahwa pembangunan yang dibiayai dengan dana publik harus dipertanggungjawabkan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting pemerintahan demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan sangat mendukung hal tersebut.
Melalui sistem aplikasi Simaurembug ini dapat diperoleh data dan informasi capaian indikator pembangunan di Kabupaten Pekalongan serta masyarakat dapat ikut serta dalam pengawasan pembangunan untuk memastikan kesesuaian antara jenis kegiatan, volume dan kualitas pekerjaan, waktu pelaksanaan dan penyelesaian kegiatan, dan/ atau spesifikasi dan mutu hasil pekerjaan dengan rencana pembangunan daerah yang telah ditetapkan. Dengan adanya aplikasi Simaurembug ini masyarakat dapat melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan di kabupaten Pekalongan.
Sistem Simaurembug ini dapat terjangkau dan diakses sepanjang terkoneksi dengan jaringan internet. Aplikasi Simaurembug berbasis web ini juga dapat diakses dengan menggunakan perangkat android. Adapun server dari Simaurembug ini ada pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan dengan alamat http://simaurembug.pekalongankab.go.id. Aplikasi simaurembug ini sudah terintegrasi dengan data dari aplikasi Simpel dari bagian pembangunan Setda Kabupaten Pekalongan.
Sebelum launching, uji coba aplikasi simaurembug telah dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2019 di Bappeda Litbang dihadiri perwakilan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan ruang, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukinan dan Lingkungan Hidup dan Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata. Pelaksanaan uji coba aplikasi berjalan lancar dan disepakati peserta rapat untuk melaksanakan pemantauan atau monev di lokasi kegiatan tanggal 7-8 Agustus 2019. Hasil monev pelaksanaan kegiatan di lokasi kemudian ditindaklanjuti untuk input ke aplikasi Simaurembug dan berhasil.
Tujuan dari adanya channel publik ini adalah untuk memudahkan masyarakat ikut serta aktif dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan pembangunan di kabupaten Pekalongan. Pengembangan sistem aplikasi Simaurembug ini masih perlu dilakukan untuk menyesuaikan kebutuhan dan penyempurnaan, harapanya ke depan aplikasi ini dapat diterapkan dan berkelanjutan.

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…