RELOKASI LAPAS PEKALONGAN KE KAJEN SEGERA TERWUJUD

KAJEN - Rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Kabupaten Pekalongan memasuki babak baru. Hal ini terungkap dengan ditandatanganinya Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pekalongan dengan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah tentang relokasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A di Kabupaten Pekalongan. 
 
Penandatanganan dilaksanakan d isela-sela acara  peresmian Lapas Super Maksimum Security Kelas II A Karanganyar Nusakambangan, disaksikan oleh Menkumham RI Prof. Yasonna H. Laoly dan instansi terkait, Kamis (22/8/2019). 
 
Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Ali Riza, M.Si yang pada kesempatan tersebut mewakili Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH., M.Si yang berhalangan hadir karena salah satu kakak kandungnya meninggal, menyampaikan bahwa perjanjian kerjasama ini adalah bagian dari proses  hingga pembangunan Lapas di Kabupaten Pekalongan terwujud.
 
"Pada prinsipnya, Pemerintah Daerah mendukung proses relokasi dari Kota Pekalongan ke Kabupaten Pekalongan. Dukungan tersebut dalam bentuk hibah tanah di desa Kalijoyo Kecamatan Kajen," ujar Ali Riza. 
 
Dijelaskan Asisten I, saat ini masih proses pengadaan tanahnya , dan dilakukan MoU. Setelah pengadaan tanah selesai, diserahkan ke Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian sepenuhnya proses kontruksi akan dilakukan oleh Kementerian Hukum dan HAM.
 
"Adanya MoU menunjukkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Pekalongan mendukung proses relokasi Lapas dari Kota Pekalongan ke Kabupaten Pekalongan," imbuhnya. 
 
Sementara itu, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Pekalongan Dra. Hj. Hindun, MH yang turut hadir, menyampaikan kita diundang oleh Kementerian Hukum dan HAM, dalam rangka peresmian Lapas II Karanganyar Nusakambangan, sekaligus untuk MoU terhadap hibah tanah yang disampaikan dari Pemkab Pekalongan pada MenKumHam. 
 
Kemudian nantinya, kata Hindun, tanah yang dihibahkan tersebut akan dibangun Lapas di Kabupaten Pekalongan. Banyak narapidana yang sekarang ada di Lapas Kota Pekalongan, karena Kabupaten Pekalongan belum mempunyai Lapas.
 
"Lapas ini ditempatkan di Desa Kalijoyo Kecamatan Kajen seluas 10 hektare. Mudah-mudahan oleh MenKumHam segera dibangun, dan tentunya dengan dibangunnya Lapas tersebut banyak memberikan masukan dan pertumbuhan ekonomi karena masyarakat di sekitarnya bisa tumbuh ekonomi secara luas. Kami dari DPRD mendukung penuh rencana pembangunan Lapas di Kajen ini," tandasnya.(red)
 
Publisher :aris
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…