PERINGATAN HAUL KE-15 KH. ANWAR AMIN KRANJI

KAJEN - Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si bersama para kakak-adiknya beserta ratusan warga Kranji Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya menghadiri peringatan haul ke-15 salah satu tokoh penyebar Islam dan perintis NU di Pekalongan bagian selatan, KH. Anwar Amin. Almarhum adalah ayah dari Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dan kakak-adiknya.
 
Dipimpin oleh sesepuh kyai Kedungwuni Kyai Zawawi Dured, mereka membaca Surat Yasin, melantunkan zikir, tahlil, dan doa untuk KH. Anwar Amin di kompleks pemakaman Nurul Anam Kranji, Kelurahan Kedungwuni Timur Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, Sabtu (8/6/2019) sore.
 
Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si selaku salah satu putra dari KH. Anwar Amin  mengungkapkan sekilas perjuangan dakwah ayahnya. “Dulu, ayah kami diperintahkan gurunya Mbah Gendon Kesesi untuk berdakwah ke daerah selatan,” terang Bupati Asip Kholbihi.
 
Untuk itu, KH. Anwar Amin kemudian mulai berdakwah di daerah sekitar wilayah kabupaten Pekalongan bagian selatan dan kabupaten Banjarnegara. Di daerah itu pula, KH. Anwar Amin juga merintis berdirinya Nahdlatul Ulama.
 
“Di daerah Kalibening, KH. Anwar Amin kemudian mendirikan masjid pertama. Selain itu, juga melakukan dakwah keliling ke kampung-kampung,” lanjut Bupati.
 
Perlahan, dakwah KH. Anwar Amin pun membuahkan hasil. Banyak penduduk setempat yang ikut mengaji kepadanya. Banyak warga mengenal agama Islam ala Aswaja NU.
 
Tahun 2004, KH. Anwar Amin wafat dan dimakamkan di tanah kelahirannya, Dukuh Kranji Kelurahan Kedungwuni Timur Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.(didik/dinkominfo kab.pekalongan)
 
Publisher : aris
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…