6.512 PERSONIL GABUNGAN AKAN AMANKAN PEMILU DI KABUPATEN PEKALONGAN

KAJEN - Menjelang pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019 jajaran Pemkab Pekalongan berserta Polres Pekalongan dan Kodim 0710 Pekalongan akan mempersiapkan diri. Terhitung 30 hari lagi pelaksanaan Pemilu pada 17 April mendatang. Guna menciptakan situasi kondusif, ribuan Satlinmas, ratusan anggota Polri beserta TNI dikerahkan.

"Total ada 6.512 personil gabungan yang nantinya akan membantu pengamanan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Pekalongan," jelas Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan, SH.,S.IK.,M.Si dalam sambutannya selaku inspektur upacara pada upacara bersama jajaran Pemkab Pekalongan dan Kodim 0710, dalam rangka perayaan HUT ke-100 Damkar, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57, di lapangan belakang Sekretariat Daerah di Kajen, Senin (18/3/2019) pagi.

AKBP Wawan menuturkan TNI, Polri, Satlinmas, Satpol PP dan Damkar akan dilibatkan dalam pengamanan Pemilu. "Kodim 0710 akan mengerahkan 100 personil, Polres Pekalongan 524 anggota, serta 50 personil bantuan dari Polda Jateng dan 20 anggota Satbrimob Polda Jateng," terangnya.

Terpisah, Bupati Pekalongan KH. Asip Kholbihi, SH.,M.Si mengimbau agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam menyukseskan Pemilu. "Situasi di Kabupaten Pekalongan hingga saat ini kondusif, ditambah lagi dengan pengamanan dari pihak TNI-Polri," imbuhnya.

Bupati menjelaskan indikator kesuksesan Pemilu dapat dilihat dari partisipasi masyarakat. "Pemilu sangat penting karena menentukan nasib masyarakat lima tahun mendatang, maka dari itu kami terus mendorong agar masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan berbagai cara. Selain sosialisasi, Pemkab juga memberikan e-KTP bagi yang belum memiliki," ujarnya.

Terkait dukungan personil pengamanan, Bupati Asip Kholbihi menambahkan Satlinmas yang dibantu Satpol PP akan ikut mengamankan jalannya Pemilu. "5.758 Linmas dan 50 personil Satpol PP nantinya akan membantu pengamanan Pemilu, sementara untuk Damkar kami instruksikan agar siaga mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan," tambahnya.

Upacara dihadiri oleh Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf. Arfan Johan Wihananto, S.IP.,MMS., Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Pekalongan Drs. H. Suwoto, SH, MH., Sekda Dra. Hj. Mukaromah Syakoer, MM, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Kajen, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kabupaten Pekalongan.

Adapun peserta upacara tersebut adalah, 1 SST dari Kodim 0710/Pekalongan, 1 STT Kompi C Yonif 407/PK, 1 SST  Polres Pekalongan dan 1 SST Pemda Kab. Pekalongan dengan petugas upacara melibatkan semua unsur terdiri dari Pembaca Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia, Pengucap Sapta Marga, Tri Brata, Catur Prasetya dan Panca Prasetya Korpri.

Usai upacara dilakukan pemusnahan barang bukti miras hasil penindakan oleh Satpol PP Kabupaten Pekalongan oleh Kapolres Pekalongan, Dandim 0710 Pekalongan, Sekda, Ketua Pegadilan Agama dan perwakilan Kejari Kajen. Dan juga dilakukan flashmob dalam rangka mendukung sukses pelaksanaan Pemilu 2019 oleh seluruh peserta upacara. (didik/dinkominfo kab.pekalongan)

Publisher : aris

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…