SD DIHARAPKAN DONGKRAK PERINGKAT JATENG

ds4

KAJEN - Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH.M.Si, Senin kemarin (15/5), sangat berharap kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud), dapat mendongkrak peringkat prestasi belajar SD, di tingkat Jateng.
Pada kesempatan melakukan peninjauan Ujian Nasional (UN), di SDN 2 Wagandowo Kecamatan Bojong, Bupati mengatakan, berdasarkan laporan dari Dindikbud, bahwa untuk pelakanaan ujian SD, lebih bagus, karena seluruh peserta dapat hadir.
Bahkan, dari pelaksanaan UN di SD, Pondok Pesantren (Ponpes) atau paket setara SD, semua siswa dapat mengikuti pelaksanaan ujian secara baik, dan tidak ada kendala. Sehingga, kuantitas lebih bagus. "Dari segi pelaksanaan UN dapat tercapai 100 persen, tidak ada kendala, seperti SMP, ada siswa tidak mengikuti ujian. Ini sangat bagus, terkait kuantitas pelaksanan kegiatan ujian akhir SD," katanya.
Sedangkan secara kualitas, bupati mengharapkan, Dindikbud dapat melakukan pendidikan dengan mutu baik, kemudian untuk tingkat SD yang sebelumnya berada pada peringkat 17 tingkat Jawa Tengah, diharapkan mampu didongkrak. Pasalnya, kegiatan wajib belajar dengan mutu yang baik, akan meningkatkan kualitas SDM, sehingga hal tersebut merupakan pekerjaan berat, harus bisa dilakukan secara baik, terencana, terarah dan sistematis.
"Dari segi pelaksanaan sudah bagus, sekarang tuntutannya adalah melakukan perbaikan pada sisi mutu pendidikan, rangking di tingkat Jateng harus mampu didongkrak, dari sebelumnya yang berada pada peringkat 17," tandas Asip.
Kendati mendapat laporan pelaksanaan UN bagus, namun Asip mengaku pihaknya akan melakukan pengecekan secara langsung ke sekolah-sekolah, termasuk sekolah di daerah paling terpencil di Kota Santri.
Sementara itu, Plt. Kepala Dindikbud Drs. Ali Riza, M.Si menyampaikan tahun 2017 ini jumlah sekolah SD yang ikut UN sejumlah 623 termasuk 5 pondok pesantren (Kejar Paket setara SD). “Sedangkan jumlah siswa SD sederajat yang mengikuti UN sebanyak 15.395 siswa, sementara yang dari pondok pesantren 17 orang,” tuturnya. (didik/dinkominfo kab.pekalongan)

Sumber    : Dinkominfo Kab. Pekalongan
Publisher : Zahrotul Mu'izzah

Anda disini: Home Informasi Berita Berita Lokal SD DIHARAPKAN DONGKRAK PERINGKAT JATENG