BUPATI BERIKAN APRESIASI ATAS KEPIAWAIAN SANTRI AL-FUSHA

alfusha pawai-1

KAJEN - Santri Pondok Pesantren Boarding school Al Fusha, Kabupaten Pekalongan, Jumat siang (12/5), mempertontonkan hasil karya mereka, sesuai jurusan, dihadapan masyarakat luas, di Jalan Raya Podo, Kecamatan Kedungwuni. Aksi santri pada kesempatan, Haflah Akhirussanah atau pesta akhir tahun pelajaran tersebut, mempertontonkan berbagai hasil karya masing-masing jurusan, mulai dari fashion show busana karya santri, fashion show karnival, dan marching band.

Kontan hasil karya siswa mulai dari SMP, SMA dan SMK, Boarding School Al Fusha, mampu membuat masyarakat yang memadati jalan raya tersebut kagum. Bahkan, Bupati Pekalongan H. Asip Kholbihi, SH.,M.Si memberikan apresiasi, atas kepiawaian santri. Pengasuh Pondok Pesantren Al Fusha, KH. M. Dzilkon Kaeron Jaza, pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa santri-santri selain mengenyam pendidikan agama di pondok, juga mengikuti kegitan sekolah umum, mulai SMP, SMA dan SMK.

Tak hanya mengikuti pendidikan keagamaan dan formal saja, santri juga mengikuti kegitan jurusan, seperti tata busana, akuntansi dan lainnya. Dan pada akhir tahun pelajaran, mereka  wajib mempertontonkan hasil karya masing-masing, dihadapan masyarakat luas. "Ini merupakan hasil dari setahun santri mengikuti pendidikan, saatnya sekarang santri berpesta dengan keahlian jurusan masing-masing, dan hasilnya sangat luar biasa, mampu bersaing dengan hasil-hasil profesional," katanya.

Disebutkan, selain prestasi jurusan dari masing-masing santri yang mampun menunjukkan karya terbaik mereka, dari segi akademis SMK Al Fusha pada Ujian Nasional (UN) tahun ini berhasil menjadi peringkat tiga se-Kabupaten Pekalongan. "Kemudian untuk prestasi nilai matematika pada UN tahun ini, prestasi santri sanga gemilang dan menjadi terbaik pertama di Kabupaten Pekalongan. Jadi di Al Fusha ini memadukan ilmu agama dengan ilmu formal, serta menyesuaikan perkembangan zaman," tandas Kiai Dzilkon.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, menyatakan apresiasi terhadap Al Fusha, karena mampu mendidik santri dengan ilmu agama, kemudian juga prestasi pendidikan formal tetap bagus, serta menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk terus berinovasi. "Hasil karya busana dari santri dan busana karnival sangat bagus, sehingga santri tidak hanya kuat pada ilmu agama saja, melainkan ilmu pendidikan formal juga baik, serta siap bersaing dengan dunia kerja. Karena itu saya akan meminta Disnaker untuk sonding ke sekolah ini," jelas bupati. (didik/dinkominfo kab.pekalongan)

Sumber : Dinkominfo Kab. Pekalongan 
Publisher : nd

Anda disini: Home Informasi Berita Berita Lokal BUPATI BERIKAN APRESIASI ATAS KEPIAWAIAN SANTRI AL-FUSHA