Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali menyelenggarakan lomba foto ‘Sadar Wisata’ dengan total hadiah sebesar Rp 100 juta. Lomba foto yang untuk kali keempat  itu dibuka pada 16 Maret hingga 24 Agustus 2012. Sementara penyerahan hadiah dan piagam bagi pemenang akan dilaksanakan di Grand Indonesia pada 27 September 2012  bertepatan Hari Pariwisata Dunia.

Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata (Ditjen PDP) Kemenparekraf Firmansyah Rahim mengatakan, penyelenggaraan lomba foto yang mengangkat tema "Sadar Wisata dan Sapta Pesona 2012" bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat akan arti pentingnya Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, dan Kenangan) melalui media fotografi.

KETENTUAN LOMBA FOTO SADAR WISATA 2012

Ketentuan Lomba Umum

1. Tidak dipungut biaya dan Terbuka untuk umum (Panitia dan Dewan Juri tidak diperkenankan mengikuti lomba)

2. Foto yang diperlombakan harus mengangkat salah satu atau lebih unsur dari Sapta Pesona, yaitu: Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, & Kenangan

3. Jumlah foto peserta dibatasi maksimal 5 foto.

4. Foto merupakan karya pribadi (bukan karya orang lain), dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba manapun.

5. Rekayasa digital diizinkan sebatas sama dengan yang biasa dilakukan dalam kamar gelap fotografi film

6. Lokasi pemotretan harus di obyek dan dayatarik wisata di seluruh Indonesia

Kriteria Rekayasa Digital

1. Dodging & burning (mengoreksi gelap terangnya pencahayaan) diperbolehkan seminimal mungkin

2. Penggunaan teknik ruang gelap digital hanya untuk membantu mengatur kisaran tone dinamis dari sebuah foto agar mendekati kenyataan.

3. Pengolahan gambar yang menghasilkan foto berbeda dengan realitas (terlalu kontras, posterisasi, dll) tidak diizinkan.

4. Membuat foto hitam putih diperbolehkan.

5. Pemotongan (cropping) diperbolehkan.

6. Tidak diperkenankan mengirimkan gambar berupa kombinasi lebih dari satu foto atau menghilangkan/menambahkan atau merubah elemen-elemen dalam satu foto. Sebuah foto harus dihasilkan hanya dari satu jepretan (one shoot)

Pengiriman

1. Foto cetak ukuran sisi panjang minimum 30 cm dan menyerahkan file digital dengan sisi panjang minimum 3000 pixel disimpan dalam format JPG medium (minimum skala 6) dalam bentuk CD. Format nama file digital: namapeserta~judul~lokasipemotretran. Foto digital harus masih mengandung data: informasi dasar, seperti exposure, tanggal dan kamera yang dipakai.

2. Dibalik foto harus dilekatkan kertas yang memuat data: Judul foto; Nama dan Alamat pemotret; No. Telp dan Hp; Peristiwa dan lokasi foto dan data teknis.

3. Semua karya foto dimasukkan ke dalam amplop tertutup dan di sudut kiri atas amplop ditulis Lomba Foto Sadar Wisata 2012

4. Foto dapat diantar langsung pada hari kerja atau dikirim ke Sekretariat Panitia Lomba,

Gedung Sapta Pesona Lt. 4

Jl. Medan Merdeka Barat no.17 Jakarta 10110

selambat-lambatnya diterima panitia tanggal 24 Agustus 2012

Untuk keterangan mengenai persyaratan teknis pengiriman foto lomba  dapat diunduh di:

http://www.parekraf.go.id/budpar/asp/detil.asp?c=17&id=1318

Anda disini: Home Info Publik Lomba Lomba Foto Sadar Wisata 2012 (Hadiah Total 100 Juta)