Telkom Siap Dukung SNMPTN 2012

Surel Cetak PDF

snmptn

Jakarta – Pelaksanaan Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri 2012 didukung dua perusahaan untuk mekanisme pembayaran dan pendaftaran online, yaitu Bank Mandiri dan PT Telkom Indonesia. Tahun ini merupakan tahun ketiga keikutsertaan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dalam mendukung penyelenggaraan seleksi ini. Tahun ini, Telkom menyediakan bandwidth sebesar 200 Mbps untuk pendaftaran jalur tertulis, dan 40 Mbps untuk pendaftaran jalur undangan. Dengan kapasitas tersebut, diharapkan internet bisa diakses secara cepat.

Direktur IT dan Supply PT Telekomunikasi Indonesia Indra Utoyo mengatakan, perusahaannya mendukung sepenuhnya program pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan, khususnya pemerataan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di seluruh wilayah Indonesia.

Saat ini ini Telkom terus mengembangkan infrastruktur berupa jaringan kabel/fiber untuk menyambungkan satu pulau dengan pulau lainnya. “Kami minta maaf untuk perguruan tinggi negeri yang berada di daerah Indonesia timur, karena saat ini masih diusahakan,” ujar Indra saat Grand Launching SNMPTN 2012 di Gedung D Kemdikbud, pada Kamis (19/1) malan. Telkom menargetkan, pada 2013 mendatang, infrastruktur TIK di Indonesia timur akan rampung.

Dia menjelaskan, data center dan server untuk jalur tertulis dikoordinasikan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di Surabaya. Kemudian untuk jalur undangan, data center dan server dikoordinasikan oleh Universitas Indonesia (UI).

Telkom juga menyediakan fasilitas call center untuk melayani berbagai pertanyaan atau konsultasi dari para pendaftar SNMPTN. “Call center ini simpulnya di Yogyakarta, dikoordinir Universitas Negeri Yogyakarta,” ujar Indra Utoyo. Untuk menghubungi operator call center, calon mahasiswa bisa menghubungi nomor 08041450450.

Selain itu, untuk membantu pendaftar yang tidak memiliki fasilitas internet di rumahnya, Telkom memiliki sekitar 700 Plasa Telkom di seluruh Indonesia sebagai tempat mengakses internet.

Indra Utoyo menegaskan, Telkom memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan pendidikan di negeri ini pada umumnya, dan penyelenggaraan SNMPTN pada khususnya, melalui infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi. “Kami memiliki harapan agar sinergi yang baik ini dapat memberikan benefit yang seimbang, antara kementerian, perguruan tinggi, negeri, panitia SNMPTN, dan Telkom,” tuturnya. (Lian)

Link sumber : http://www.kemdiknas.go.id/laman/berita/179 

You are here: Fasilitas Web Berita Berita Nasional Telkom Siap Dukung SNMPTN 2012