Pengurus NU Kabupaten Pekalongan Periode 2013-2018 Dilantik

Surel Cetak PDF
pekalongan
 
KAJEN – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pekalongan periode 2013-2018 beserta pengurus Lembaga dan Lajnah secara resmi dilantik. Pelantikan dilakukan oleh Wakil Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) DR. H. Slamet Efendi Yusuf, Minggu (7/7/2013) di Graha NU, Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.

Dalam sambutannya usai pelantikan, Wakil Ketua PBNU kepada pengurus baru yang didominasi wajah-wajah baru berpesan, agar dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya, apalagi tantangan NU ke depan semakin berat, sehingga dibutuhkan energi yang full power.

Dalam kesempatan itu, Wakil PBNU menyampaikan bahwa akhir-akhir ini istilah ahlussunah waljamaah sedang dibajak oleh orang lain diluar NU. Hal itu, menurutnya, mereka menguliti amaliyah-amaliyah nahdliyyin dan mereka menyebut amaliyah-amaliyah Nabi Muhammad SAW tidak pernah ada. “Mereka menyebut maulid Nabi, tahlil, membaca Al-barzanji, ziarah kubur tidak ada karena tidak pernah diajarkan oleh Nabi,” katanya.

“Memang betul semua itu tidak diajarkan pada jaman Nabi Muhammad SAW. Namun demikian, demi ajaran-ajaran Islam dan dalam rangka siar Islam semua itu sangatlah penting. Dan kita tidak boleh dengan mudah mengatakan bahwa amaliyah-amaliyah itu merupakan bit’ah,” tegasnya .

H. Slamet Efendi Yusuf menuturkan, meski umat Islam terbesar di dunia ada di Indonesia, namun bagi NU, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah final. NKRI bagi NU adalah final karena NU sadar bahwa rakyat Indonesia mempunyai latar agama yang berbeda, bukan hanya umat Islam. “Salah satu prinsip NU adalah toleransi, jadi NU adalah jangkar utuhnya NKRI,” tuturnya.

Prinsip-prinsip NU yang mengedepankan toleransi dan keseimbangan itulah yang akan menjaga stabilitas negara dan bangsa. “Sehingga aksi terorisme tidak dikenal di NU,” imbuhnya.

Wakil Ketua PBNU itu, meminta warga NU benar-benar melaksanakan ajaran ahlusunnah waljamaah (aswaja) yang dijalankan oleh para pendiri NU.

Sementara itu, Ketua PWNU Jawa Tengah DR. Abu Hafsin, Ph.D dalam sambutan menyampaikan bahwa NU dari dulu mengedepankan keseimbangan antara semangat dan kemampuan. Para aliran fundamentalis atau ekstrimis, menurutnya, biasanya muncul karena semangatnya dalam beragama tidak diimbangi dengan kemampuan beragama. “Banyak yang baru ikut pesantren kilat apalagi bisa bahasa Arab sudah merasa tahu tetang Islam,” jelasnya.

Abu Hafsin, meminta kepada seluruh warga NU untuk senantiasa menjaga keseimbangan terseut. “Apabila tidak memiliki kemampuan dalam ilmu agama, maka belajarlah kepada yang tahu. Jangan hanya asal semangat saja,” tuturnya.  

Sedangkan Bupati Pekalongan yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Drs. H. A. Rosidin, dalam sambutannya menyampaikan pemerintah mengharapkan kepada pengurus yang dilantik untuk segera bisa bekerja. Katena, menurutnya, harapan masyarakat sangat besar terhadap kinerja pengurus. “Kami doakan semoga pengurus yang baru saja dilantik senantiasa diberikan kesehatan dan petunjuk dari Allah SWT guna mewujudkan harapan masyarakat,” ujarnya.

Acara pelantikan yang ratusan perwakilan pengurus MWCNU se Kabupaten Pekalongan, Badan Otonom (Banom) NU seperti Muslimat, Fatayat, GP Ansor, IPNU-IPPNU diawali pembacaan SK PBNU tentang kepengurusan PCNU Kabupaten Pekalongan periode 2013-2018, dilanjutkan pembacaan baiat dan janji yang dibimbing oleh PBNU dan diakhiri pengucapan selamat oleh PBNU, PWNU dan tamu pejabat serta undangan lainnya yang hadir.

Usai pelaksanaan pelantikan, acara dilanjutkan dengan musyawarah kerja yang dilaksanakan di beberapa tempat di kompleks Gedung PCNU yang beralamat di Jl. Wangandowo No. 9 Kedungwuni tersebut. (di2k/aan)

 Sumber : Bag. Humas Setda
Editor     : MdyPG(kominfo)
Jaringan Data Spasial Daerah Kabupaten Pekalongan Bappeda PM Kabupaten Pekalongan Kajen

Pengunjung Online

Kami punya 40 tamu online
LPSE Kabupaten Pekalongan
RUP SKPD
Video Batik Kota Santri
Free Wifi Hotspot Pemkab Pekalongan
Perpustakaan Kab. Pekalongan
DPRD Kab.Pekalongan
Dinhubkominfo
Dinkes Kab.Pekalongan
Blog Daerah Kabupaten Pekalongan
RSUD Kraton
RSUD Kajen
Bank Kredit Kecamatan Kajen
Humas setda
Pantauan CCTV Perempatan Wiradesa
You are here: Fasilitas Web Berita Berita Lokal Pengurus NU Kabupaten Pekalongan Periode 2013-2018 Dilantik