KKN-pemakaian_jaket_secara_simbolis_dari_Ketua_STAIN_kepada_Sekda

KAJEN - Capaian pertumbuhan ekonomi Kab. Pekalongan pada tahun 2011 sebesar 4,77 %, PDRB menurut harga berlaku sebesar Rp. 8 milyar. Sementara, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 2011 sebesar 71,86 serta Angka Harapan Hidup 2011 mencapai 69,28 tahun. Demikian disampaikan Bupati Pekalongan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kab. Pekalongan Ir. H. Susiyanto, MM dalam acara Penerimaan KKN Mahasiswa STAIN di aula lantai 1 Setda, Kajen (19/3/13).


Pertumbuhan ekonomi harus terus ditingkatkan sejalan dengan program pembangunan daerah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pekalongan Tahun 2011-2016. “Visi misi Bupati Pekalongan yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Pekalongan yang sejahtera dan bermartabat berbasis pada kearifan lokal, yang memprioritaskan Fasilitasi Pembangunan Ekonomi Kerakyatan berbasis UMKM, Pertanian, Peternakan dan Perikanan”, lanjut Sekda.


Sekda berpesan pada para mahasiswa KKN agar mengembangkan program pemberdayaan masyarakat secara mandiri dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada melalui berbagai inovasi tanpa meninggalkan kearifan lokal. “Lakukan juga kerjasama dan dialog dengan seluruh elemen masyarakat khususnya para tokoh masyarakat setempat sehingga mampu meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan daerah. Pemda berharap kerjasama antara Pemkab. Pekalongan dengan STAIN Pekalongan yang sudah berjalan selama ini bisa lebih ditingkatkan melalui program-program penelitian inovatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, imbaunya.


Sementara itu, Ketua STAIN Pekalongan Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag menyampaikan program KKN sebagai realisasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat, mempunyai nilai yang strategis untuk memberikan tambahan pendidikan kepada masyarakat dan memberikan bekal pengalaman bagi para mahasiswa dalam mengaplikasikan disiplin ilmunya di tengah masyarakat. “Selain itu juga dapat meningkatkan kedewasaan berfikir bagi para mahasiswa melalui interaksi dan sosialisasi secara langsung dengan kehidupan masyarakat, sehingga diharapkan mereka akan siap menghadapi realitas kehidupan setelah menyelesaikan studinya”.


Menurut Kepala P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Maghfur Ahmad KKN angkatan ke-34 ini mengusung tema ‘Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid dan Madrasah’. “Artinya, KKN ini secara khusus bertujuan terbangunnya model pengabdian masyarakat berbasis masjid dan madrasah yang berorientasi pada perubahan sosial yang dapat dijadikan sebagai pusat pembelajaran bagi masyarakat, pemerintah, LSM dan ormas. Serta mengembangkan ilmu-ilmu keislaman transformatif yang berbasis pada persoalan keumatan di lingkungan masjid dan madrasah”, ungkapnya.


Ditambahkan Maghfur Ahmad, peserta KKN berjumlah 405 mahasiswa, terdiri 199 laki-laki dan 206 perempuan. KKN dilaksanakan di 2 kecamatan yaitu Kandangserang 14 desa dan Wonokerto 11 desa. Mahasiswa terbagi dalam 36 kelompok dan berada di lokasi selama 45 hari mulai tanggal 19 Maret sampai dengan 2 Mei 2013.

Sumber:Bag.Humas Setda

Editor:KK Kominfo

Anda disini: Home Berita Berita Lokal 405 MAHASISWA STAIN KKN DI KABUPATEN PEKALONGAN