frame_berita_siaga    
   KAJEN –  Kegiatan pramuka seperti pesta Siaga ini merupakan kegiatan pembelajaran yang komprehensif, karena materinya bisa memadukan dan mengasah kemampuan otak kiri dan otak kanan. Sehingga anak-anak kita tidak hanya akan mendapatkan ilmu pengetahuan, tetapi juga dapat mengembangkan kreatifitas, sikap arif bijaksana, dan memiliki kematangan emosional.


Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kab. Pekalongan Ir. H. Susiyanto, MM selaku Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan, saat menjadi Yanda/Pembina upacara pada penutupan Pesta Siaga Cabang Tahun 2013, Minggu (10/3/2013) sore, di halaman SMP N 2 Kedungwuni.
“Pada kesempatan yang baik ini saya minta kepada para kepala sekolah dan pembina pramuka agar bisa mendorong dan mengembangkan kegiatan pramuka di masing-masing sekolah, dengan harapan kualitas pendidikan akan semakin baik,” ujar Sekda.


“Saya juga berharap kegiatan Siaga tidak berhenti sampai hari ini saja. Namun yang lebih penting, materi dan pengalaman yang didapatkan oleh anak-anak dan Pembina pramuka bisa disebarluaskan, dimanfaatkan dan dikembangkan baik di lingkungan keluarga, sekolah dan di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.
Selaku Ketua Harian Mabicab, Ir. H. Susiyanto, MM menghimbau kepada segenap jajaran Gerakan Pramuka Kabupaten Pekalongan, agar selalu berupaya memperhatikan anak-anak didik dan menanamkan rasa disiplin, mandiri, tanggungjawab, setia kawan baik di dalam kehidupan keluarga, sekolah maupun kehidupan bermasyarakat.\
Susiyanto juga meminta agar secara bersama-sama untuk selalu mengantisipasi dan mengeliminir kenakalan remaja serta mendidik mereka agar kelak menjadi anak-anak yang berakhlakul kharimah, berbakti kepada kedua orang tua, bertanggungjawab dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa. “Pramuka adalah salah satu wadah yang baik bagi pendidikan karakter anak-anak kita,” katanya.


Kepada anak-anak peserta Pesta Siaga, Susiyanto meminta agar pengalaman mengikuti kegiatan pesta Siaga sebagai wahana belajar yang senantiasa terus dikembangkan dan ditingkatkan, sehingga kelak bisa menjadi salah satu bekal dan nilai positif dalam meraih cita-cita yang diinginkan.
Sementara itu, Panitia Penyelenggara, Mujiyanto, S.Pd, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan pesta Siaga yang dilaksanakan selama sehari itu diikuti oleh 38 Barung putra dan 38 Barung putri. Dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.


“Alhamdulillah semua anak dalam melaksanakan pesta Siaga ini dalam keadaan sehat wal afiat tanpa ada halangan yang berarti,” ucap Mujiyanto.
Dan mengakhiri serangkaian acara Pesta Siaga Gerakan Pramuka Cabang Kabupaten Pekalongan tahun 2013 tersebut, diberikan penghargaan kepada Barung-Barung Tergiat sesuai hasil penilaian para dewan yuri yang ditentukan. Dari dari penilaian, ditetapkan Barung-barung Tergiat Putra antara lain untuk Juara I yakni Barung Kuning Muda I Pangkalan SD 01 Bebel Kwarran Wonokerto, Juara II yaitu Barung Merah Tua II Pangkalan SDN Tosaran Kwarran Kedungwuni, Juara III adalah Barung Coklat Tua I Pangkalan MIS Karanganyar 01 Kwarran Tirto.


Selanjutnya, Juara Harapan I yaitu Barung Ungu I Pangkalan SDN 04 Kesesi Kwarran Kesesi, Juara Harapan II yakni Barung Coklat I Pangkalan SDN 04 Legokkalong Kwarran Karanganyar dan Juara Harapan III adalah Barung Jingga I Pangkalan SDN Pangkah Kwarran Karangdadap.
Sedangkan untuk Barung Tergiat Putri, masing-masing adalah Juara I Barung Violet II Pangkalan SDN 01 Kalimojosari Kwarran Doro, Juara II Barung Coklat Tua I Pangkalan MIS Karanganyar 01 Kwarran Tirto dan Juara III Barung Hijau Muda II Pangkalan SDN Rejosari Kwarran Bojong.
Sementara untuk Juara Harapan I Barung Orange I Pangkalan SDN 01 Kebonagung Kwarran Kajen, Juara Harapan II Barung Kuning II Pangkalan SDN 01 Lebakbarang Kwarran Lebakbarang dan Juara Harapan III yaitu Barung Merah Tua II Pangkalan SDN Tosaran Kwarran Kedungwuni.


“Bagi Barung Tergiat I Putra maupun Putri mendapatkan Tropi Bergilir dari Kwarcab Kabupaten Pekalongan. Dan bagi Barung Tergiat I, II dan III baik putra maupun putri berhak maju ke Pesta Siaga Binwil Pekalongan yang akan diselenggarakan oleh Korwil Pekalongan di Kwarcab Kabupaten Tegal pada tanggal 31 Maret 2013 nanti,” ungkap Mujiyanto. (di2k)


Sumber : Bag.Humas Setda
Editor : AR Kominfo
Anda disini: Home Berita Berita Lokal SDN 01 Bebel dan SDN 01 Kalimojosari Juara I Barung Tergiat Putra dan Putri