Ny. Arini Antono Buka Festival Megono Hari Pahlawan

Surel Cetak PDF

Festival_Megono-2

KAJEN – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan yang sekaligus istri Bupati Pekalongan, Ir. Hj. Arini Harimurti, Sabtu (10/11/2012) sore membuka acara Festival/Lomba Menghias Megono Tingkat Kecamatan Wonopringgo, di Dukuh Milahan Desa Rowokembu. Acara tersebut dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan mengenang pahlawan kemerdekaan RI asal desa setempat yaitu Mbah Imam Condro atau dikenal dengan Komando Pasukan Samber Nyowo.

Festival Megono itu diikuti oleh 28 kelompok ibu-ibu PKK desa atau pedagang megono se Kecamatan Wonopringgo, dimana setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Nasi megono dengan dihiasi hidangan seperti lauk-pauk, dan penyedap lainnya disajikan diatas tampah bambu berdiameter 40 x 60 cm dan diberi alas daun pisang.

Menurut salah satu panitia, Andi Leo, para peserta festival dalam pembuatan nasi megono biayanya dibatasi yaitu maksimal Rp 100.000. “Mereka diwajibkan menghiasi hidangan karena untuk menjadi pemenangnya harus memenuhi ketentuan penilaian lomba yaitu penampilan dan penyajian, kreativitas, cita rasa dan nilai gizi,” urainya.

Adapun bagi para pemenang, masih menurut Andi, panitia menyediakan hadiah. Yaitu untuk juara I berupa tropi+piagam+uang pembinaan sebesar Rp 750.000,-. Untuk juara II dan juara III disediakan tropi+piagam dan uang pembinaan masing-masing Rp 500.000,- untuk juara II dan Rp 350.000,- untuk juara III. Sedangkan untuk juara harapan I berupa piagam+uang pembinaan Rp 225.000,-, juara harapan II piagam+uang pembinaan Rp 175.000,- dan juara harapan III berupa piagam+uang pembinaan Rp 125.000,-.

“Acara ini adalah baru pertama kali diselenggarakan. Mudah-mudahan ke depan dengan bantuan dan dukungan dari seluruh warga dan Pemrintah Kabupaten Pekalongan, kami akan menyelenggarakannya yang lebih meriah,” harap Andi.

Sedangkan Ny. Arini Antono dalam sambutan, menyampaikan rasa bangga dan menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh warga Kecamatan Wonopringgo tersebut. “Saya sangat menyambut baik dan merasa bangga atas penyelenggaraan acara ini. Karena menurut saya ini adalah bagian dari peran masyarakat dalam pembangunan di Kabupaten Pekalongan,” ungkapnya dengan senyum khasnya.

Megono, menurut istri Bupati Pekalongan itu, ikut berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan Negara kita tercinta ini. “Megono yang merupakan makanan khas Kota dan Kabupaten Pekalongan ini turut berperan dalam pejuangan kemerdekaan terutama bagi para pejuang dari Kabupaten Pekalongan seperti Mbah Imam Condro beserta pasukan Samber Nyowonya. Dimana megono dahulu saat berperang selalu dibawa sebagai logistik,” ujar Ny. Arini.

“Untuk itu saya mengajak kepada segenap warga masyarakat Kabupaten Pekalongan untuk senantiasa melestarikan makanan khas kita ini. Namun demikian kami mengharapkan agar dalam penyajian megono dibuat kreativitas dan inovasi agar lebih menarik untuk dinikmati,” imbuhnya.

Seusai membuka dengan menggunting pita dan memberikan sambutan, Ny. Arini Antono dalam dalam kesempatan itu berkenan mencicipi setiap hidangan megono yang diperlombakan didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Kabupaten Pekalongan yang sekaligus istri Sekda Kabupaten Pekalongan, Ny. Alfiah Susiyanto beserta pengurus PKK Kabupaten Pekalongan lain, dan istri Camat Wonopringgo Ny. Nursam Kholil.

Pada sore itu, masih di hari Pahlawan Ny. Arini Antono juga berkenan melakukan tabur bunga di Makam Mbah Imam Condro yang tidak jauh dari lokasi festival megono serta mengunjungi keluarga almarhum yang berada di pintu masuk makam. (di2k)

Sumber berita & foto : Release Bagian Humas Setda
Editor: nd.kominfo

Jaringan Data Spasial Daerah Kabupaten Pekalongan Bappeda PM Kabupaten Pekalongan Kajen

Pengunjung Online

Kami punya 46 tamu online
LPSE Kabupaten Pekalongan
RUP SKPD
Video Batik Kota Santri
Free Wifi Hotspot Pemkab Pekalongan
Perpustakaan Kab. Pekalongan
DPRD Kab.Pekalongan
Dinhubkominfo
Dinkes Kab.Pekalongan
Blog Daerah Kabupaten Pekalongan
RSUD Kraton
RSUD Kajen
Bank Kredit Kecamatan Kajen
Humas setda
Pantauan CCTV Perempatan Wiradesa
You are here: Fasilitas Web Berita Berita Lokal Ny. Arini Antono Buka Festival Megono Hari Pahlawan