Pemkab Akan Gelar Kajen Expo 2012

Surel Cetak PDF


Expo

(Press Release : Bag. Humas Setda). KAJEN - Pekan Raya Pembangunan Kabupaten Pekalongan atau yang lebih dikenal dengan nama KAJEN EXPO, merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Pekalongan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan. Pameran ini disamping diikuti oleh SKPD, BUMN/BUMD, Perusahaan Swasta, Perbankan, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Profesi, Koperasi dan UKM di wilayah Kabupaten Pekalongan, serta didukung oleh para pedagang yang tergabung dalam Paguyuban serta Sarana Hiburan Rakyat.
Menurut Drs. Mujiyanto Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesra selaku Ketua Panitia Penyelenggara, maksud dan tujuan penyelenggaraan Kajen Expo 2012 adalah untuk (1) memfasilitasi para pelaku usaha untuk berinteraksi dan bersinergi dengan para konsumen, investor dan perbankan; (2) memberikan informasi dan promosi yang strategis kepada masyarakat tentang profil, tugas, peran dan fungsi serta pelayanan Lembaga Pemerintahan, BUMN / BUMD, Lembaga Swadaya Masyarakat, organisasi Kemasyarakatan dan perkembangan dunia usaha di Kabupaten Pekalongan; dan (3) memberikan sarana hiburan murah, kreatif dan inovatif bagi warga masyarakat Kabupaten Pekalongan.
Kajen Expo tahun sebelumnya dilaksanakan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Kabupaten Pekalongan selama 1 (satu) minggu. Mengingat bulan Puasa / Ramadhan tahun 1932 H diperkirakan jatuh pada tanggal 21 Juli 2012, maka pelaksanaan Kajen Expo Tahun 2012 direncanakan pada hari Senin s/d Minggu, 9 s/d 15 Juli 2012. Dimana untuk jam operasionalnya yakni pagi hingga siang mulai jam 10.00 s/d 13.00 WIB dan sore sampai malam dari jam 16.00 s/d 22.00 WIB. Hal ini guna mempertimbangkan dan memfokuskan bagi umat muslim dalam menjalankan ibadah puasa.
Lokasi/tempat pelaksanaan Kajen Expo tahun 2012 dipusatkan di Jalan Raya Mandurorejo dan Alun-Alun Kajen, dengan peserta masing-masing yaitu Stand Inti berada di Jalan Raya Mandurorejo memanjang timur barat sepanjang Alun-Alun; Stand Pendukung berada di alun-alun dengan susunan berurutan masing-masing sesuai dengan denah site plan penempatan pedagang kaki lima dan lain-lain; dan kegiatan pendukung lainnya di Gedung Pertemuan Umum (GPU) untuk Pameran Buku.
Stand Inti berjumlah 120 (seratus dua puluh) yang terdiri Dinas/Kantor/Instansi, Perbankan, BUMN/BUMD, Perusahaan Swasta, Pengusaha/UMKM, Organisasi Profesi/ Kemasyarakatan/Wanita/Lainnya, dan Koperasi.
Untuk Stand Pendukung berjumlah ± 500 terdiri dari Pedagang Kaki Lima (PKL) yang mempunyai/membuka usaha tetap di Jalan sebelah barat dan timur Alun-Alun dan jalan Mandurorejo Sebalah Barat Dan Timur nya stnd Inti; Pedagang Kaki Lima (PKL) atau Paguyuban Pasar Tiban Kabupaten Pekalongan ± 250 orang; Pedagang Kaki Lima (PKL) dari luar Kabupaten Pekalongan ± 200 orang; Pedagang Beseran ± 50 orang; Arena Permainan Anak/Komedi Putar/Korsel direncanakan 2 (dua) pengusaha; Panggung Hiburan.
Materi/produk yang akan ditampilkan oleh Stand Inti yaitu hasil kegiatan Badan/Dinas/Kantor/Instansi, BUMD, BUMN; Produk Unggulan Daerah Kabupaten Pekalongan; Jasa Perbankan; Jasa Telekomunikasi; Jasa PLN/Listrik; Hasil/Output Organisasi Profesi/ Masyarakat; Tekstil; Hasil Kerajinan/ketrampilan; Hasil/Output Dinas/Kantor/Instansi;
Sedangkan untuk Stand Pendukung materi/produk yang akan ditampilkan antara lain Pakaian Jadi, Keramik, Aksesoris, Makanan/Kuliner, Tanaman Hias, Pameran buku, Otomotif dan elektronik, serta Wahana Hiburan.
Peserta, baik untuk Stand Inti dan Stand Pendukung mendapatkan fasilitas dan mempunyai tanggungjawab masing-masing. Stand Inti, memperoleh fasilitas antara lain stand gratis, ukuran stand 3 m x 3 m ( 9 m2 ), 1 (satu) buah Meja Standar, (dua) buah Kursi, 1 (satu) buah Lampu Penerangan 40 watt, 1 (satu) buah MCB dengan daya 2 Amper / 450 watt.
Masing-masing peserta Stand Inti bertanggungjawab mendekorasi stand, menjaga kebersihan di dalam dan lingkungan stand, menjaga keamanan stand, mentaati ketentuan-ketentuan dari panitia penyelenggara, dan mentaati ketentuan-ketentuan dan Peraturan Daerah Kabupaten Pekalongan.
Adapun untuk fasilitas yang diberikan kepada peserta Stand Pendukung adalah tempat / lokasi yaitu di Alun-alun Kajen. Dan masing-masing peserta bertanggung jawab menjaga kebersihan lokasi / tempat, menjaga keamanan dan ketertiban, mentaati ketentuan-ketentuan dari panitia, dan mentaati ketentuan-ketentuan dan Peraturan Daerah Kabupaten Pekalongan.
Untuk pelaksanaan Pameran khusus Stan Pendukung yang berlokasi di Alun-Alun dipercayakan kepada Event Organizer (EO).
Unsur keamanan Kajen Expo melibatkan Kepolisian, Satpol PP, dan Pam Swakarsa. Sedangkan untuk pengelolaan parkir diserahkan pada masyarakat sekitar Alun-alun Kajen, dalam hal ini ditangani oleh kepemudaan (Karang Taruna) dari Desa Tanjungsari, Nyamok, Tanjung Kulon dan Gejlig dengan penanggungjawab Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pekalongan.
Adapun titik parkir dibagi menjadi 4 (empat) lokasi yaitu Jalur Barat di Jl. Krakatau, Jalur Timur di Jl. Rinjani, Depan Gedung Kesenian Daerah; Halaman Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT), dan Halaman MCK (sebelah selatan Masjid Al-Muhtaram).
Penyelenggaraan Kajen Expo 2012 dibiayai dari Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Pekalongan Tahun Anggaran 2012. Dan rencananya Kajen Expo akan dibuka oleh Bupati Pekalongan Drs. H. A. Antono, M.Si pada hari Senin, 9 Juli 2012. Sedangkan Upacara Penutupan dijadwalkan pada hari Minggu, 15 Juli 2012. Untuk lebih meningkatkan penataan Stand terutama Stand Inti, Panitia menyediakan hadiah bagi Stand terbaik I, II dan III.
Pendaftaran peserta Kajen Expo 2012 dibuka dari 4 Juni 2012 dan paling lambat 2 Juli 2012 di Sekretariat Kajen Expo Tahun 2012 pada Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Pekalongan, Jl. Alun-alun Utara No.1 Kajen dengan no.telpon (0285) 381000, pesawat 110. (di2k).

Jaringan Data Spasial Daerah Kabupaten Pekalongan Bappeda PM Kabupaten Pekalongan Kajen

Pengunjung Online

Kami punya 70 tamu online
LPSE Kabupaten Pekalongan
RUP SKPD
Video Batik Kota Santri
Free Wifi Hotspot Pemkab Pekalongan
Perpustakaan Kab. Pekalongan
DPRD Kab.Pekalongan
Dinhubkominfo
Dinkes Kab.Pekalongan
Blog Daerah Kabupaten Pekalongan
RSUD Kraton
RSUD Kajen
Bank Kredit Kecamatan Kajen
Humas setda
Pantauan CCTV Perempatan Wiradesa
You are here: Fasilitas Web Berita Berita Lokal Pemkab Akan Gelar Kajen Expo 2012