Desa Sinangohprendeng Dinilai Tim Nasional - Lomba Lingkungan Bersih Sehat

Surel Cetak PDF

pkk

(Press Relese : Bag. Humas Setda). KAJEN – Desa Sinangohprendeng, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Kamis (29/3) dinilai Tim Nasional setelah menjadi pemenang Lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) tingkat Provinsi Jawa Tengah.
    Tim penilai terdiri atas 7 orang, yang diketuai oleh Susi Subekti. Tim tiba di Kajen sekitar pukul 14.30 dan transit sejenak di Pendopo Bupati Pekalongan. Kemudian, digelar paparan di Aula Lantai 1 Gedung Setda Kabupaten Pekalongan sebelum tim meninjau Desa Sinangohprendeng.
    Menyambut tim penilai dari Pusat di Aula Lantai 1, Wakil Bupati Fadia Arafiq dalam sambutannya mewakili Bupati Drs. H. A. Antono, MSi menyampaikan ucapan “Selamat Datang” kepada seluruh Tim Penilai Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat Pusat dan segenap tamu undangan.
    Wabup dalam kesempatan itu juga menyampaikan kepada tim penilai mengenai gambaran umum Kabupaten Pekalongan. Dijelaskan pula bahwa lokasi yang akan dinilai tim merupakan juara lomba Hari Kesatuan Gerak PKK tingkat Kabupaten Pekalongan dan merupakan binaan terbaik sesuai yang dipersyaratkan dalam lomba tingkat Provinsi. “Saya berharap dengan adanya lomba Lingkungan Bersih dan Sehat ini bisa menjadi momentum untuk mendorong kita semua dalam mengembangkan dan memantapkan budaya Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan pemanfaatan tanaman obat keluarga serta inovasi-inovasi lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga,” tutur Fadia Arafiq.
    Selanjutnya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan Ny. Hj. Arini Antono menyampaikan paparan potensi dan progress report gerakan PKK di Kabupaten Pekalongan. 
Masuk 6 Nominasi Terbaik
    Susi Subekti selaku Ketua Tim Penilai menyampaikan bahwa Kabupaten Pekalongan masuk 6 nominasi terbaik. Lima nominator lainnya yakni Tulungagung (Jawa Timur), Gunung Kidul (Yogyakarta), Kota Batu (Jawa Timur), Batanghari (Jambi), dan Lombok Timur (NTB). Terbaik 1-3 akan meraih penghargaan Upakarti Utama dan terbaik selanjutnya akan meraih Upakarti Madya 1-3. 
    Sementara itu, di Balai Desa Sinangohprendeng, sebelum peninjauan, Kades Sugiyono, berharap pada Tim Penilai Pusat tertarik dengan desanya, walaupun dalam kondisi setelah hujan. “Kami berharap tim juri tetap objektif, karena hujan merupakan faktor alam,” ujar Sugiyono. Kades menceritakan dan menggambarkan bahwa warganya mendukung program pemerintah dengan menanam sejuta pohon. Selain itu, disebutkan, 95 persen warga Sinangohprendeng masih melestarikan pagar halaman rumah menggunakan pagar hidup.
    Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sinangohprendeng, Ny. Titi Setyaningsih, dalam kesempatan tersebut memaparkan tentang kondisi geografis dan demografi Desa Sinangohprendeng. Titi juga menyampaikan potensi desa yang jaraknya sekitar 2 KM dari Ibu Kota Kabupaten Pekalongan, Kajen. Tak ketinggalan, Titi juga menyampaikan tentang kegiatan dalam rangka Lomba LBS serta upaya untuk memenangkan lomba. Dia berharap, dengan lomba ini, masyarakat termotivasi untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat serta meningkatkan kesejahteraan keluarga. ”Besar harapan kami untuk meraih penghargaan tertinggi di tingkat Nasional,” ungkap dia.   
    Setelah itu, Ketua Tim Penilai, Susi Subekti memperkenalkan seluruh anggota timnya dan pendamping dari Provinsi Jawa Tengah. Usai memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud dan tujuan, Tim Penilai Pusat meninjau sejumlah lokasi kegiatan masyarakat Sinangohprendeng, antara lain lokasi pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas, posyandu, lokasi produksi makanan dan minuman khas desa tersebut, serta kebun keluarga.
    Sekda Kabupaten Pekalongan Ir. Susiyanto, MM, sebelum penutupan acara, berharap pada Tim Penilai Pusat untuk bisa mempertimbangkan Desa Sinangohprendeng sebagai Juara. ”Di sana gunung di sini gunung, di tengah-tengah ada balongan. Dari pada Bu Susi Subekti bingung, pilih saja Pekalongan,” kelakar Sekda dan disambut riuh tepuk tangan warga yang hadir sore itu. Penialaian selesai sekitar pukul 17.45.(Tim Publikasi & Dokumentasi Humas)

Jaringan Data Spasial Daerah Kabupaten Pekalongan Bappeda PM Kabupaten Pekalongan Kajen

Pengunjung Online

Kami punya 48 tamu online
LPSE Kabupaten Pekalongan
RUP SKPD
Video Batik Kota Santri
Free Wifi Hotspot Pemkab Pekalongan
Perpustakaan Kab. Pekalongan
DPRD Kab.Pekalongan
Dinhubkominfo
Dinkes Kab.Pekalongan
Blog Daerah Kabupaten Pekalongan
RSUD Kraton
RSUD Kajen
Bank Kredit Kecamatan Kajen
Humas setda
Pantauan CCTV Perempatan Wiradesa
You are here: Fasilitas Web Berita Berita Lokal Desa Sinangohprendeng Dinilai Tim Nasional - Lomba Lingkungan Bersih Sehat