bos

(Press Release : Bag. Humas Setda). KAJEN – Jum’at 6 Januari 2012 Bupati Pekalongan, Drs.H Amat Antono, M,Si membuka Sosialisasi BOS 2012 di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabid Sosbud Bappeda, Dewan Pendidikan, Pengawas Sekolah serta para Kabid di jajaran Dinas Pendidikan. Pendopopun  terlihat ramai dengan kehadiran para kepala sekolah SD, SMP Se-Kabupaten Pekalongan.      
    Drs.H. Yoyon Ustar,M.Si, selaku Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kab.Pekalongan dalam laporannya mengatakan, Dasar acara Sosialisasi BOS Tahun 2012 adalah UU No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional  yang mengamanatkan bahwa setiap warga Negara yang berusia 7-15 Tahun wajib mengikuti  Pendidikan dasar. Selain itu juga adanya perubahan mekanisme penyaluran Dana Bantuan Operasional  Sekolah (BOS) dari transfer Kabupaten ke sekolah menjadi transfer dari provinsi ke sekolah. Lebih lanjut Yoyon juga menjelaskan tujuan dari sosialisasi BOS adalah tersosialisasinya petunjuk teknis penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2012.  Dan disampaikan pula dalam laporannya bahwa “ Tahun ini ada kenaikan BOS untuk SDLB yang tadinya 397 menjadi 580 dan untuk SMP yang semula 575 menjadi 710.
    Bupati Pekalongan Drs. H. A. Antono, MSi dalam sambutannya  mengharapkan agar para Kepala sekolah menyatukan gelombang dan frekuensi dalam menyalurkan dan menggunakan dana BOS. “ Maksud dan tujuan sosialisasi untuk  menyatukan persepsi aturan pemanfaatan BOS sehingga tiap Kepala Sekolah tidak mengartikan berbeda-beda,” tutur Bupati dalam sambutannya. Lebih lanjut Antono mengatakan agar Dindik dapat adakan Rapat Kerja Tekhnis untuk membuat target yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah. Dilanjutkan dengan membuat RKO dengan melibatkan Dewan Pengawas. Selain itu juga Bupati meminta para Kepala Sekolah dapat memotret secara riil situasi dan kondisi sekolah khususnya kualitas sekolah tersebut sehingga ketika ada permasalahan agar dapat segera diatasi. 
 Bupati berkenan membuka acara Sosialisasi BOS Tahun 2012. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Drs.Hari Mardiyantoro selaku Kabid Dikdas di Dindikbud Kab.Pekalongan Sedangkan jumlah peserta  sekitar  643 orang yang terdiri dari 550 Kepala SD/SDLB N/S dan 93 Kepala Sekolah SMP/SMPLB N/S yang  Anggarannya dibiayai dari DPA Tahun 2011. (Sunny)   

Anda disini: Home Berita Berita Lokal Bupati Buka Sosialisasi BOS 2012 : “Kepala Sekolah diharapkan satukan persepsi dalam pemanfaatan Dana BOS”