219 Calon PPK Kab. Pekalongan Untuk Pilgub Tahun 2013 Lolos Seleksi Administrasi

Surel Cetak PDF

ppk_pilgub

KAJEN – Sebanyak 219 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilgub 2013 yang mendaftar ke KPU Kabupaten Pekalongan lolos administrasi. Para calon PPK tersebut mengikuti tes wawancara yang dijadwalkan sejak Senin hingga Rabu (12-14/11). Selain itu, mereka juga menjalani tes ketrampilan menggunakan komputer.

Kasubag Teknis dan Hubungan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Pekalongan, Endang Tri Lasmini, S.Sos selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Selasa (13/11) menyebutkan, pendaftar PPK untuk Pilgub 2013 sebanyak 235 orang. ”Namun, setelah penelitian berkas calon PPK diteliti, sebanyak 219 yang lolos administrasi,” terang dia.

Berbeda dengan sebelumnya, seleksi kali ini menguji ketrampilan komputer calon PPK. ”Ini sebagai tambahan, karena banyak kegiatan yang terkait komputer,” imbuh Endang. Hasil seleksi PPK akan diumumkan pada Sabtu (17/11) di KPU Kabupaten Pekalongan. Kebutuhan PPK di Kabupaten Pekalongan sebanyak 95 untuk 19 kecamatan, per kecamatan masing-masing 5 orang anggota.  

Sementara itu, KPU Kabupaten Pekalongan juga membuka pendaftaran dan penyerahan persyaratan administrasi Panitia Pemungutan Suara (PPS) sejak Sabtu (10/11) hingga Jumat (16/11).

Sesuai jadwal, KPU Kabupaten Pekalongan sudah melakukan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah sejak 1 Mei 2012 lalu. ”Poster ajakan menggunakan hak suara pada hari H pemungutan suara Pilgub Jateng 2013 dan Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) 2014 serta pengumuman verifikasi faktual parpol sudah kita sampaikan ke kecamatan dan desa untuk ditempel di balai desa, kecamatan, dan tempat-tempat umum,” jelas Endang.

Pemungutan suara Pilgub akan diselenggarakan pada Minggu, 26 Mei 2013. Sedangkan Pemilihan Anggota DPR, DPD, dan DPRD (Pileg) pada 2014. ”Pesan saya kepada masyarakat, ingat Hari H-nya,” ungkap dia. Tahapan pileg saat ini sampai pada verifikasi faktual kepengurusan dan anggota parpol. Verifikasi faktual sudah dilakukan sejak 30 September lalu dan dijadwalkan hingga 24 November 2012.     

*) Siti Kholidah – kontributor humas Kab. Pekalongan untuk www.jatengprov.go.id

You are here: Fasilitas Web Berita Berita Jawa Tengah 219 Calon PPK Kab. Pekalongan Untuk Pilgub Tahun 2013 Lolos Seleksi Administrasi