STNK_STNKMenurut  Perda Prov.Jateng Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah Provinsi Jawa Tengah  sebagaimana diatur dalam Pasal 9 disebutkan bahwa:

(1) Kepemilikan kedua dan seterusnya Kendaraan Bermotor pribadi roda 2 (dua) 200 (dua ratus) cc ke atas dan / atau roda 4 (empat) dikenakan tarif secara progresif.
(2) Besarnya tarif progresif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sebagai berikut :

  1. kepemilikan kedua sebesar 2 % (dua persen);
  2. kepemilikan ketiga sebesar 2,5 % (dua koma lima persen);
  3. kepemilikan keempat sebesar 3 % (tiga persen);
  4. kepemilikan kelima dan seterusnya sebesar 3,5 % (tiga koma lima persen).

(3) Kepemilikan Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) didasarkan atas nama dan alamat yang sama.
(4) Tata cara pelaksanaan pengenaan pajak progresif sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan dengan Peraturan Gubernur.

Berdasar penjelasan Perda diatas yang dimaksud dengan kendaraan bermotor pribadi roda 4 (empat) adalah kendaraan bermotor penumpang dengan jenis Sedan, Jeep dan
Minibus/ Microbus.

Dengan demikian untuk kepemilikan kendaraan bermotor pribadi roda dua 200cc keatas dan roda 4 akan dikenakan tarif Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) lebih tinggi dibandingkan dengan tarif PKB biasa, sebagaimana diatur pada Pasal 8 huruf a yaitu sebesar 1,5 % (satu koma lima persen) untuk kepemilikan pertama kendaraan bermotor pribadi.

link peraturan : http://jdihukum.jatengprov.go.id/index.php?option=com_jdownloads&Itemid=157&view=finish&cid=165&catid=5

Anda disini: Home Artikel Artikel Ekonomi Pajak Progresif Menurut Perda Prov.Jateng Nomor 2 Tahun 2011